GuidePedia

0

Sering kali computer yang kita gunakan terasa sangat lambat saat digunakan, hal ini tentu saja membuat kita sangat ribet dan ingin marah marah heh untuk itu disini saya akan memberikan sedikit tips untuk kalian bagaimana Cara Menjaga Performa Komputer Tetap Stabil, yang pasti bukan beli spesifikasi yang lebih tinggi hehe.



Langsung saja berikut ini tips-nya yang menurut saya bias untuk kalian coba

Pertama kali melakukan installasi system operasi pastikan sobat install software utilities
Memasang software utilities memang sangat perlu untuk system operasi, seperti TuneUp Utilities yang mampu melakukan pemindaian terhadap system kita, dan menghapus berbagai macam junk files atau file sampah, melakukan perbaikan pada registry yang error dan masih banyak lagi dengan jasa software utilities ini.

Memasang antivirus yang sekiranya bagus menurut kalian
Antivirus ini adalah software security wajib install untuk system operasi, karena adanya realtime yang menjaga virus-virus masuk, dan membuat system terlalu berat dan merusak berbagai macam file dan system. Hal ini tentu bisa diatasi dengan memasang antivirus, sebagai contoh saya menggunakan Avast Free Antivirus.
Jika anda menggunakan 2 antivirus seperti Avast dan Smadav, alangkah baiknya untuk smadav realtime nya di disable saja.

Hindari installasi software yang sekiranya tidak penting
Saat installasi system operasi selesai pastinya kita melakukan installasi software, pastikan kalian untuk memasang software yang memang penting untuk digunakan, jangan software yang memang tidak digunakan untuk diinstall, yang akhirnya hanya membuat penuh atau berat hardisk kalian.

Pastikan Software yang diinstall memenuhi system requirement
Hal ini memang sangat perlu diperhatikan, jika sobat menggunakan software berat sedangkan spesifikasi computer yang kurang atau pas-pasan maka hardware yang kita gunakan akan sangat berat dan ini akan mengakibatkan panas pada computer yang akhirnya system operasi akan lambat bahkan computer menjadi rusak.

Lakukan management pada hardisk setiap bulan
Melakukan defragment pada hardisk memang diwajibkan, karena deframent disk bias mengatasi adanya bad sector. Defragment ini adalah melakukan perapihan file-file yang ada pada disk, hal ini dianjurkan untuk kalian setiap 30 hari sekali. Sobat bias melakukannya dengan software bawaan windows ataupun bias menggunakan software pihak ketiga .

Pastikan desktop anda rapih
Desktop yang berantakan memang sangat tidak enak dilihat, usahakan kalian melakukan grouping desktop kalian supaya lebih mudah untuk menggunakan software yang akan sobat jalankan dan tidak pusing lagi.

Mungkin itulah sedikit tips tentang Cara Menjaga Performa Komputer Tetap Stabil, sebenarnya masih banyak lagi tips yang bias saya bagikan yang bias saya bagikan dilain waktu.
^_^ Semoga bermanfaat

Post a Comment

 
Top